Kamis, 03 Juni 2010

Pemkab Mura Subsidi Penerbangan Reguler

Musi Rawas – Sebelum melakukan penerbangan regular pada Bandara Silampari, maka Dirjen Udara dari Departemen Udara akan melakukan uji kelayakan terbang (Froving Flight). Rombongan tim ini akan dipimpin Agung dari Departemen Udara didampingi pihak Dishub Kominfo Kabupaten Mura Sumsel dengan melihat langsung ke landasan udara.

Kadishub Kominfo dan Informatika Kabupaten Mura, Ari Narsa menjelaskan bahwa tim ini akan melakukan verifikasi uji kelayakan terbang sebelum nantinya Bandara Silampari mulai dioperasikan untuk pesawat jenis Jet bukan Fokker seperti disebut sebelumnya. "Tim akan melakukan verifikasi bandara sekaligus melihat kesiapan operasional. Mereka akan melihat nanti di Bandar udara, jenis pesawat apa yang akan digunakan," kata Ari Narsa, Rabu 02/06 lalu.

Ari Narsa menjelaskan pihak yang datang nanti adalah Direktorat Bandar Udara, Direktorat Navigasi dan keselamatan dibawah dari Dirjen Perhubungan udara. "Untuk penerbangan regular akan dilakukan setelah Froving Flight, dengan target paling lambat Rabu 09/06. Sedangkan jenis pesawat yang digunakan adalah pesawat jet dengan kapasitas 80 penumpang,” jelas Ari Narsa.

"Sebelumnya memang kita akan menggunakan fokker tetapi sekarang tidak lagi dengan pertimbangan jenis pesawat itu kurang efisien. Sehingga jenis pesawat dipakai adalah jenis Jet dengan ketentuan tetap ada subsidi dari pemerintah," tambahnya.

Sementara ini jalur penerbangan akan dioperasikan nanti untuk jurusan Lubuklinggau-Jakarta Pulang Pergi (PP) dengan jadwal penerbangan pada Senin, Rabu, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Harga tiket ditetapkan nanti sebesar Rp 650 ribu / penumpang dengan subsidi diberikan Pemkab Mura dengan ketentuan diberlakukan nantinya. "Bagi calon penumpang dapat memperoleh tiket pesawat akan dijual di travel, bandara, atau bisa juga nanti online di internet," ujarnya.(01)

Tidak ada komentar: